Tentang
Tentang JIPP Kabupaten Pemalang
Salam Inovasi..!
Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Pemalang (JIPP PEMALANG) diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang. Selain Bagian Organisasi, pembentukan JIPP PEMALANG juga melibatkan perguruan tinggi,pemerintah provinsi, media massa, organisasi masyarakat sipil, dan mitra pembangunan lainnya (KOMPAK).
Dibentuk sebagai sarana penyebarluasan dan pembelajaran inovasi pelayanan publik yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Pemalang. Dari situs JIPP PEMALANG para penyedia pelayanan publik di Kabupaten Pemalang dapat saling belajar dan bertukar informasi tentang praktik dan program inovatif yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Praktik dan program inovatif tersebut tersebar di unit pelayanan publik di bawah pemerintah Kabupaten maupun Kecamatan
Selain Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang pembentukan JIPP PEMALANG juga melibatkan Kementerian PAN-RB, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, perguruan tinggi, media massa, organisasi masyarakat sipil, dan mitra pembangunan lainnya.
Inovasi pelayanan publik tumbuh subur di Kabupaten Pemalang, baik di tingkat Kabupaten maupun kecamatan bahkan sampai tingkat desa. Hal ini dimungkingkan akan menumbuhkan dominasi kompetisi Pemalang pada acara-acara kompetisi inovasi maupun berbagai dokumentasi inovasi pelayanan publik yang disusun oleh beberapa lembaga. Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dua tahun terakhir, misalnya, inovasi-inovasi dari Kabupaten Pemalang akan mendapatkan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik maupun Top 40.
Inovasi-inovasi yang ditampilkan dalam situs JIPP PEMALANG INI ini dihimpun dari berbagai sumber. Di antaranya dari SINOVIK, APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia.
Dari situs ini, para pelayan publik dan masyarakat umum dapat berinteraksi langsung dengan orang-orang yang berada di balik inovasi yang ditampilkan. Sebab, pada setiap inovasi yang diunggah sudah dilengkapi dengan contact person melalui telepon maupun email. Tak ketinggalan, kami juga mengundang masyarakat untuk memberikan masukan dan komentar atas inovasi yang ditampilkan. Selain itu, lewat situs JIPP PEMALANG ini warga PEMALANG dapat menyampaikan keluhan atas pelayanan publik yang diterima. Keluhan pelayanan publik tersebut akan diteruskan ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti.
Selamat berinovasi!